Halaman

Kamis, 03 Oktober 2013

1ID09 - Tugas ke-1 - Ilmu Budaya Dasar

Apa pendapat anda mengenai acara Miss World, apakah anda setuju atau kah tidak setuju dengan adanya Miss World. Berikan alasan berdasarkan sudut pandang anda sendiri?





       Miss world adalah salah satu ajang kontes kecantikan dunia. Tahun ini di adakan di Indonesia dan ini adalah pertama kalinya diadakan di Indonesia. Indonesia dikenal sebagai Negara yang menjunjung tinggi adat ketimuran dan sopan santun, oleh karena itu mungkin banyak yang menentang kontes kecantikan ini oleh masyarakat Indonesia itu sendiri karena kontes bikininya dan kemolekan tubuh, walau dari pihak panitia miss world sudah menghargai budaya dan norma di Indonesia namun tetap saja ini menuai kontraversi.

Mungkin berdampak positif bagi Indonesia pula, karena dapat mengenalkan kebudayaan Indonesia ke mata Negara tapi sebenarnya dengan cara lain pun bisa. Apalagi tahun ini di adakan di bali secara tidak langsung akan merubah persepsi mereka bahwa bali adalah Negara tersendiri menjadi sadar bahwa bali adalah bagian dari Indonesia dan merupakan salah satu surga dari Indonesia di samping surga-surga lainya seperti jogja yang terdapat Borobudur, bromo dan masih banyak lagi.

Namun acara miss world atau kontes kecantikan itu sendiri seharusnya tidak perlu di adakan, karena tidak memiliki manfaat. Mungkin ini adalah lomba yang paling memilukan karena karena setiap perempuan di berlakukan kecantikan standard atau ideal padahal setiap orang itu berbeda. Apalagi yang dinilai hanya  cara berjalan, cara berbusana dan cara berbicara, masalah brain itu belakangan. Jikalau ada yang brainnya top tapi tidak cantik dan molek atau seksi mungkin dia tidak akan di pilih. Yang paling utama adalah kecantikan dan keseksian dari kontes ini. Oleh karena itu mungkin dengan adanya acara ini wanita beranggapan bahwa cantik adalah seperti wanita miss world.

Mungkin dari para pemenang atau kontestan itu sendiri ada yang menjadi aktivis sosial atau selebriti, namun tidak terlalu terlihat. Namun tetap saja untuk menjadi seorang aktivis tidak perlu mengikuti ajang putri-putrian seperti ini.




Carilah contoh kasus yang berhubungan dengan permasalahan kebudayaan yang ada di lingkungan tempat tinggal anda?


Kita hidup di era globalisasi yaitu era dimana teknologi berkembang pesat. Sebuah era yang dipenuhi dengan kemudahan dalam melakukan apapun. Contohnya hanya dengan mengetik nama di situs komputer atau internet kita sudah menjelajahi dunia, berbicara atau chat dengan orang dimanapun mereka berada.


Teknologi yang semakin modern membuat kita mengakses apapun dengan sangat mudah, contohnya budaya barat. Sekarang budaya barat sedang marak di Indonesia mulai dari cara berpakaian, makanan, etika pergaulan maupun trendnya. Budaya barat dapat diakses dengan mudah karena teknologi. Secara tidak langsung kebudayaan kita sedang dijajah oleh bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar